Minggu, 16 Januari 2011

Administrasi ??

terkadang, di benak kita, apa sih itu administrasi ??
administrasi itu "tata usaha" ya ??
administrasi itu membahas tentang keuangan yaa, atau apakan administrasi itu sama fungsinya seperti manajemen ??
ok, saya akan coba menjawabnya...

ya,, memang benar, administrasi itu "tata usaha", dalam artian sempit..
yang lebih jelasnya administrasi dalam artian sempit yaitu sebagai kegiatan tata usaha kantor (catat-mencatat, mengetik, menggandakan, dan sebagainya).

tidak selalu administrasi itu membahas tentang keuangan, pada dasarnya administrasi itu adalah kegiatan melakukan pengurusan terhadap suatu organisasi, di mana organisasi sendiri bisa diartikan kumpulan orang yang berjumlah lebih dari 2 orang dan terdapat pembagian kerja. administrasi jauh lebih luas dari manajemen dalam arti praktis. cenderung orang-orang melihat administrasi sebagai kegiatan surat-menyurat. tidak salah juga karena surat adalah salah satu cara agar kegiatan yang terdesentralisasi secara fungsi bisa terorganisasi. tapi surat bukan satu-satunya cara mengadministrasikan organisasi. administrasi juga memiliki bentuk mengatur, seperti yang dilakukan manajemen. bahkan, karena administrasi turut melakukan operasional, maka administrasi jadi jauh lebih luas daripada manajemen.

Administrasi itu sendiri berasal dari bahasa Latin yang terdiri atas kata Ad yang bermakna penekanan secara intensif, dan ministrare yang berarti melayani, membantu, atau memenuhi. Jadi Istilah ini merujuk pada suatu kegiatan atau usaha untuk membantu, melayani, mengarahkan, atau mengatur semua kegiatan yang seharusnya dilakukan secara intensif.

Pengertian Administrasi itu dapat ditinjau dari dua sudut, yaitu :

1. Administrasi dalam arti Institutionil, yang mana administrasi dimaksudkan sebagai keseluruhan orang/kelompok orang-orang yang sebaga suatu kesatuan menjalankan proses kegiatan-kegiatan untuk mencapai tujuan bersama.

2. Administrasi dalam arti fungsionil, yang dimaksud dengan fungsionil ialah segala kegiatan dan tindakan yang dilakukan untuk mencapai tujuan (termasuk juga didalamnya tindakan untuk menenyukan tujuan itu sendiri, atau dengan kata lain bersifat melihat kedepan, artinya melihat kepada pencapaian tujuan pada masa yang akan datang.

Administrasi didefenisikan oleh banyak para ahli, karena memang istilah administrasi mempunyai berbagai macam pengertian di Indonesia saja. The Liang Gie telah berhasil mengumpulkan lebih dari empat puluh lima defenisi administrasi kemudian ia mengelompokkan kedalam tiga kategori defenisi administrasi, yakni :

a.       Administrasi dalam pengertian proses atau kegiatan

Menurut Sondang P. Siangan Administrasi adalah keseluruhan proses kerja sama antara dua orang manusia atau lebih yang didasarkan atas rasionalitas tertentu untuk mencapai tujuan yang telah dibentukan.

b.      Administrasi dalam pengertian tata usaha

Menurut munawardi Reksohadiprowiro “dalam arti sempit” administrasi berarti tata usaha yang mencakup setiap pengaturan yang rapi dan sistematis serta penentuan fakta-fakta serta tertulis dengan tujuan memperoleh pandangan yang menyeluruh serta hubungan timbal balik antara satu fakta dengan fakta lainnya.

c.       Administrasi dalam pengertian pemerintah

Menurut Wijana, administrasi adalah “Rangkaian semua organ-organ Negara rendah dan tinggi yang bertugas menjalankan pemerintahan pelakanaan dan kepolisian.


so, apa kesimpulan kalian tentang administrasi...
mari kita share disini gan...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar