Sabtu, 05 Maret 2011

Mosi Tidak Percaya

Dilihat secara singkat, judul dari tulisan saya ini seperti sebuah judul lagu dari grup band Efek Rumah Kaca, namun tidak ada salahnya jika kita mengetahui lebih dalam, apa itu mosi tidak percaya, bagaimana asal mula mosi tidak percaya, dan bagaimana caranya untuk mengajukan mosi tidak percaya.

Mosi adalah sikap politik, keputusan rapat, pendapat rapat, dan anjuran rapat. Mosi tidak percaya yaitu sebuah pengajuan ketidakpercayaan kita terhadap sebuah tindakan seseorang atau instansi atau pemerintah oleh sekelompok masyarakat dalam bidang politik. Mosi tidak percaya adalah sebuah prosedur parlemen yang digunakan kepada parlemen oleh parlemen oposisi dengan harapan mengalahkan atau mempermalukan sebuah pemerintahan.

Tradisi mosi tidak percaya ini dimulai pada Maret 1782 setelah kekalahan pasukan Britania dalam Pertempuran Yorktown (1781) dalam Perang Revolusi Amerika, Parlemen Kerajaan Britania Raya memutuskan bahwa mereka "tidak lagi percaya kepada menteri saat itu". Perdana Menteri waktu itu, Lord North, menanggapinya dengan meminta Raja George III untuk menerima surat pengunduran dirinya. Hal ini meskipun tidak secara langsung menciptakan konvensi konstitusional; namun, pada awal abad ke-19, percobaan oleh Perdana Menteri untuk memerintah dalam keadaan tanpa mayoritas parlemen terbukti tidak berhasil, dan pada pertengahan abad ke-19, kemampuan mosi tidak percaya untuk memecahkan pemerintahan dibentuk di Britania Raya.

Pemerintah seringkali menanggapi mosi tidak percaya dengan mengusulkan mosi kepercayaan. Mosi kepercayaan yaitu mosi yg menyatakan wakil rakyat percaya kepada kebijakan pemerintah. Biasanya, ketika parlemen memutuskan tidak percaya, atau gagal memutuskan percaya, sebuah pemerintahan harus mengundurkan diri, atau mencari disolusi parlemen dan meminta pemilihan umum.

"ini mosi tidak percaya, jangan anggap kami tak berdaya"
sedikit kalimat dari lirik lagu ERK - Mosi tidak percaya, benar-benar menggambarkan apa itu mosi tidak percaya, dan ini menggambarkan sebuah pemberontakan terhadap sebuah kesalahan, inilah salah satu cara menggulingkan suatu tindakan yang salah dan tidak dapat dipercaya, dan untuk mengadakan oposisi di sebuah tindakan itu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar